Kebijakan Privasi Akun pengguna INISA berlaku sejak 10 November 2021.

PT Digital Pemerintahan Indonesia (“DPI” atau “Kami”) selalu memprioritaskan kenyamanan dan keamanan data pengguna. Pada kebijakan privasi ini akan dijelaskan secara transparan bagaimana cara INISA mengumpulkan, mendapatkan, menyimpan, mengolah, menampilkan, dan menggunakan data pribadi Anda. Dengan menggunakan INISA maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami dan menyetujui seluruh ketentuan yang terdapat pada kebijakan privasi, dan merupakan satu kesatuan dengan Ketentuan Layanan INISA. Klik tautan berikut www.dpi.id/ketentuan-layanan untuk mengetahui Ketentuan Layanan INISA.

A. Data Pribadi

Aplikasi INISA disediakan gratis bagi pengguna yang sudah terdaftar. Siapa pun dapat mendaftar untuk memiliki akun pada aplikasi INISA. Data pribadi termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, nomor handphone, email dan data yang menyangkut informasi mengenai kegiatan transaksi pada aplikasi INISA.

B. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi

INISA akan mengumpulkan data pribadi dari pengguna pada setiap saat namun tidak terbatas pada saat membuat akun dan melakukan transaksi di dalam aplikasi INISA. Data pribadi yang dikumpulkan di antaranya data sehubungan dengan:

  1. Informasi yang didapatkan pengguna (secara langsung atau tidak langsung) ketika mendaftar/membuat akun INISA termasuk nama, nomor handphone dan email.
  2. Informasi yang didapatkan (secara langsung atau tidak langsung) selama pengguna menggunakan aplikasi INISA, termasuk nomor rekening bank pengguna, informasi tagihan, pengiriman, dan data transaksi (“Informasi Rekening”).

C. Penggunaan Data Pribadi

INISA dapat mengolah, menganalisis, dan/atau menggunakan data pribadi Anda untuk tujuan sebagai berikut maupun tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, di antaranya:

  1. Melakukan verifikasi kelayakan, kesesuaian data, atau verifikasi apapun untuk menggunakan fitur-fitur dan fungsi-fungsi dalam aplikasi INISA yang diperlukan sebelum memberikan layanan kepada pengguna atau sebelum INISA mendaftarkan pengguna dan tidak terbatas pada proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).
  2. Mengidentifikasi, memproses, memelihara, dan mengelola data pendaftaran akun INISA pengguna.
  3. Menyediakan layanan yang berkaitan dengan penggunaan akun INISA untuk memfasilitasi pembayaran, pembelian, mengirimkan pemberitahuan tentang transaksi-transaksi dan tagihan-tagihan pengguna dan menjawab pertanyaan, masukan, keluhan, tuntutan atau perselisihan dari pengguna.
  4. Menyediakan layanan yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi INISA untuk mempermudah dalam identifikasi pengguna aplikasi INISA lain saat melihat buku alamat (kontak) telepon selular pengguna melalui aplikasi.
  5. Meningkatkan dan mengembangkan layanan-layanan kami melalui penelitian dengan pengembangan fungsi-fungsi baru atau produk dan layanan-layanan baru lainnya yang mungkin akan ditawarkan dari waktu ke waktu.
  6. Melakukan penelitian, analisis atau survei untuk mengelola dan melindungi bisnis INISA termasuk infrastruktur teknologi informasi, untuk mengukur kinerja aplikasi INISA dan layanan-layanan lain yang ditawarkan serta untuk memastikan kepuasan layanan INISA.
  7. Melakukan analisis trend, penggunaan dan perilaku-perilaku lainnya (baik secara individual atau secara keseluruhan) yang membantu untuk memahami bagaimana pengguna mengakses serta menggunakan aplikasi INISA dan kegiatan komersial yang dilakukan melalui aplikasi INISA, termasuk untuk meningkatkan layanan dan tanggapan terhadap pertanyaan serta preferensi pelanggan.
  8. Mengacu kepada diperolehnya persetujuan dari pengguna sesuai dengan hukum yang berlaku maka kami dapat menggunakan data pribadi untuk memberikan informasi pemasaran langsung kepada pengguna sehubungan dengan layanan yang kami tawarkan menggunakan data pribadi pengguna untuk menghubungi melalui telepon, pesan singkat (SMS), dan surel (email).
  9. Mengelola risiko, melakukan pengecekan, menilai, mendeteksi, menyelidiki, mencegah dan/atau memperbaiki penipuan atau kegiatan-kegiatan yang berpotensi melanggar atau yang melanggar peraturan perundang-undangan dan kepentingan INISA, ataupun untuk melindungi integritas platform teknologi informasi kami.
  10. Mendeteksi, menyelidiki, mencegah atau memperbaiki pelanggaran-pelanggaran atas Ketentuan Layanan, Kebijakan Privasi, dan semua kebijakan internal INISA yang berlaku dari waktu ke waktu, undang-undang atau peraturan yang terkait.
  11. Melakukan pengungkapan sebagaimana yang mungkin disyaratkan oleh undang-undang atau peraturan dari suatu negara manapun yang berlaku terhadap kami atau afiliasi kami, pejabat pemerintah atau pihak ketiga, termasuk asosiasi kartu atau jaringan pembayaran lainnya serta asosiasi industri lain yang relevan. Pengungkapan juga dapat dilakukan sehubungan dengan panggilan pengadilan, putusan dan/atau perintah pengadilan, perintah aparat penegak hukum yang berwenang dalam rangka penyidikan, penyelidikan, atau proses hukum lainnya atau suatu persyaratan di suatu negara manapun yang berlaku kepada kami atau afiliasi kami (termasuk persyaratan pelaporan anti-pencucian uang dan anti-pendanaan terorisme).
  12. Melakukan suatu pengungkapan untuk mencegah terjadinya suatu bahaya atau kerugian keuangan untuk melaporkan setiap dugaan kegiatan illegal atau untuk menghadapi setiap gugatan atau potensi gugatan yang diajukan terhadap kami atau afiliasi kami.
  13. Memberitahu pengguna mengenai segala pembaruan pada aplikasi INISA atau perubahan pada layanan INISA.
  14. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna INISA terhadap layanan-layanan yang dimiliki atau pengembangan kedepannya.
  15. Menawarkan atau menyediakan layanan dari mitra-mitra ataupun afiliasi yang bekerja sama dengan INISA kepada pengguna.
  16. Mengirimkan informasi, iklan, survei, promo, voucher, dan informasi-informasi lainnya yang dinilai relevan oleh INISA kepada pengguna.
  17. Memberikan bantuan teknis atau untuk menyelesaikan hambatan teknis dan masalah operasional yang terjadi di aplikasi INISA.
  18. Untuk tujuan bisnis lain yang sah seperti melindungi pengguna aplikasi INISA dari kerugian, melindungi nyawa, menjaga keamanan produk dan sistem kami dan melindungi kepentingan, hak, dan/atau properti kami lainnya.

INISA juga dapat menggunakan data pribadi pengguna dengan cara lain, yang akan disertai dengan pemberitahuan khusus pada saat pengumpulan data tersebut untuk disetujui oleh pengguna.

D. Pengungkapan Data Pribadi

1. Data pribadi pengguna yang tersimpan akan dijaga kerahasiaannya, namun kami dapat memberikan dan membagikan data pribadi pengguna kepada pihak-pihak berikut untuk tujuan-tujuan sebagaimana diatur dalam ketentuan Bagian 3 di atas: 

  • Perusahaan anggota grup INISA dan perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi dengan anggota grup INISA.
  • Agen, kontraktor, dan penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan INISA dalam menyediakan layanan kami untuk pengguna termasuk untuk mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, riset, survey, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk dan layanan serta layanan perpanjangan pembayaran.
  • Entitas-entitas dengan siapa kami memiliki hubungan referensi bisnis atau perjanjian-perjanjian komersial lainnya termasuk pihak ketiga dan entitas-entitas yang sepenuhnya atau sebagian dimiliki oleh PT Digital Pemerintahan Indonesia.
  • Merchant dan organisasi lain, seperti asosiasi kartu, jaringan pembayaran atau institusi keuangan, kepada atau melalui siapa pembayaran-pembayaran tersebut dilakukan dengan menggunakan INISA, atau entitas-entitas lainnya yang memungkinkan penggunaan aplikasi INISA. 
  • Institusi keuangan pihak ketiga, bank, agen penerima, lembaga pembiayaan, dan agen kredit.
  • Pihak ketiga penyedia jasa
  • Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah dan pihak berwenang atau instansi lainnya dimana PT Digital Pemerintahan Indonesia berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan, permintaan yang sah, dan hukum yang berlaku, peraturan atau pengaturan komersial, termasuk pengaturan dengan asosiasi kartu atau jaringan pembayaran ataupun asosiasi industri lain yang relevan.

2. NISA juga dapat memberikan dan membagikan data pribadi pengguna dengan pihak-pihak yang disebutkan di atas untuk tujuan sebagai berikut ini:

  • Untuk meningkatkan kualitas layanan INISA kepada pengguna;
  • Jika disyaratkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku atau atas perintah dan/atau permintaan resmi dari otoritas, lembaga, institusi negara, dan/atau aparat penegak hukum;
  • Untuk keperluan proses hukum dalam bentuk/hal apapun antar INISA dengan pengguna;
  • Untuk tujuan audit, baik rutin maupun insidentil jika diperlukan dari waktu ke waktu;
  • Untuk keperluan pencatatan, pendaftaran, ataupun perizinan yang diperlukan untuk kegiatan usaha INISA;
  • Untuk segala proses verifikasi/validasi yang diperlukan sebelum mendaftarkan pengguna sebagai pengguna, termasuk proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer).

3. INISA tidak akan menjual/menyewakan/menyebarkan data pribadi pengguna kepada pihak lain selain yang disebutkan pada bagian D poin 1.

4. Selain peraturan yang tertulis di atas INISA dapat mengungkapkan/membagikan data pribadi pengguna untuk pihak lain, setelah mendapat persetujuan pengguna untuk melakukan pengungkapan data pribadi.

E. Kegiatan Pemasaran Langsung

Seperti yang tertera pada bagian 3 di atas INISA dapat menggunakan data pribadi pengguna untuk pemasaran langsung (Direct Marketing). Maka pengguna diminta untuk memberikan persetujuan terhadap segala aktivitas yang terkait dengan pemasaran yang akan dilakukan oleh INISA sesuai dengan lingkup dan cara yang sesuai dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan. Jika pengguna sudah memberi persetujuan atau izin, maka harus memperhatikan hal – hal berikut:

  1. Data pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran langsung dan promosi.
  2. Kami dapat memasarkan barang dan layanan yang kami yakini relevan untuk pengguna, yang mana persetujuan lanjutan dari pengguna secara spesifik akan didapatkan. Hal ini termasuk barang dan layanan yang ditawarkan oleh kami, afiliasi kami manapun, rekanan bisnis kami atau pihak ketiga yang telah dipilih, termasuk namun tidak terbatas pada produk pembayaran dan keuangan.
  3. Kami dapat memberikan data pribadi pengguna kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan dalam memasarkan barang dan layanan mereka, termasuk (i) afiliasi kami, (ii) rekanan bisnis, dan (iii) pihak ketiga lainnya.
  4. Persetujuan pengguna atas penggunaan data pribadi pengguna untuk tujuan pemasaran langsung akan didapatkan dengan cara memilih untuk memberikan tanda centang pada kotak atau indikasi positif lainnya yang menunjukkan persetujuan dan/atau tidak adanya keberatan.
  5. Setiap saat pengguna tidak ingin melanjutkan, menggunakan atau memberikan data pribadi pengguna kepada pihak lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung sebagaimana dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang terkait maka pengguna dapat menggunakan hak “opt-out” dengan memberitahukan maksud tersebut kepada kami melalui saluran komunikasi yang kami sediakan.

F. Tindakan Keamanan dan Penyimpanan

Kami mengambil semua langkah yang wajar dan semaksimal mungkin termasuk memberikan  perlindungan teknis, administrasi dan fisik untuk membantu melindungi data pribadi pengguna yang kami proses dari suatu resiko kehilangan, penyalahgunaan dan akses tanpa izin, pengungkapan, perubahan dan penghancuran yang tidak diinginkan.

Kami akan menyimpan dan memastikan penyedia layanan kami untuk menyimpan data pribadi pengguna hanya selama dibutuhkan untuk tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan dalam pemberitahuan ini dan sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Data pribadi pengguna hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya atau selama penyimpanan tersebut diwajibkan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bagi pengguna yang terdaftar pada INISA maka informasi pendaftaran dan informasi akun pengguna (jika ada) dapat dilihat dan diubah dalam aplikasi INISA melalui akun pengguna, yang dilindungi oleh kata sandi, kode PIN, atau metode pengamanan lainnya. Kami mengingatkan kembali kepada pengguna untuk tidak mengungkapkan kata sandi atau kode PIN atau kunci pengamanan lain milik pengguna kepada pihak manapun. Karyawan, petugas, agen, dan perwakilan kami tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta kata sandi pengguna dalam komunikasi melalui telepon yang tidak diminta atau melalui media email yang tidak diminta. Jika pengguna menggunakan perangkat yang dapat digunakan oleh orang lain (perangkat publik), maka pengguna harus memilih untuk tidak menyimpan informasi login pengguna (misalnya: ID pengguna dan kata sandi) pada perangkat tersebut. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun anda, termasuk kata sandi, kode PIN, dan One Time Password (OTP) dari siapapun dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.

G. Layanan Pihak Ketiga dan Situs Web

Aplikasi INISA mungkin menyediakan tautan ke situs web dan layanan lain (termasuk aplikasi yang dioperasikan oleh pihak ketiga) untuk kemudahan dan informasi pengguna. Layanan dan situs web ini dapat beroperasi secara independen dari kami dan mungkin memiliki pemberitahuan atau kebijakan privasinya sendiri, kami sarankan pengguna untuk membaca terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan mereka atau melakukan kegiatan apa pun di situs web tersebut. Penyediaan tautan ke situs web dan layanan lain sifatnya hanya merupakan informasi saja. Kami tidak memberikan dukungan atau jaminan apapun terhadap konten dan informasi yang dimuat dalam tautan tersebut. Terhadap situs web yang pengguna kunjungi yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kami, kami tidak bertanggung jawab atas isi, praktik privasi, dan kualitas layanan tersebut.

H. Perubahan atas Kebijakan Privasi ini

INISA memegang hak eksklusif untuk mengubah, menambah, dan/atau merevisi pemberitahuan dan informasi terkait Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu, dalam hal mana pengguna akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap Kebijakan Privasi yang telah diubah, ditambah, dan/atau direvisi. Apabila pengguna tidak memberikan persetujuan terhadap Kebijakan Privasi yang telah diubah, ditambah, dan/atau direvisi tersebut, maka INISA memiliki kewenangan penuh untuk menghentikan penyediaan layanan-layanan dalam aplikasi INISA kepada pengguna.
Anda setuju bahwa anda bertanggung jawab untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pengolahan data dan praktik perlindungan data.

I. Berhenti Menerima Email

Kami memiliki kebijakan untuk memilih masuk atau keluar dari basis data. Jika pengguna ingin berhenti menerima email dari kami, dapat mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan dalam setiap email.Namun demikian, dari waktu ke waktu kami dapat mengirimkan e-mail, SMS, atau komunikasi lainnya yang kami anggap perlu untuk tujuan penyediaan layanan, dan bukan merupakan promosi. Anda tidak dapat memilih untuk tidak menerima e-mail, SMS, atau komunikasi lain tersebut.

J. Ketentuan Lain

  1. Peraturan Data Pribadi ini tunduk, diatur, dan dilaksanakan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.
  2. Jika terjadi perselisihan dalam interpretasi dan implementasi Peraturan Data Pribadi ini, pengguna dan PT Digital Pemerintahan Indonesia setuju untuk menyelesaikannya dengan musyawarah. Jika dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender pengguna dan PT Digital Pemerintahan Indonesia tidak dapat mencapai suatu kesepakatan melalui musyawarah tersebut, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan dengan merujuk pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  3. Peraturan Data Pribadi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terjadi inkonsistensi dan/atau pertentangan antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan dianggap menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia.
  4. Kami akan menerapkan sistem pengamanan informasi yang kami anggap memadai dan sesuai dengan standar industri atau peraturan perundang-undangan. Namun, transmisi informasi melalui saluran komunikasi tidak sepenuhnya aman dan bebas dari celah. Dengan demikian, setiap transmisi informasi oleh pengguna kepada kami memiliki risiko keamanan, dalam hal mana risiko tersebut ditanggung oleh pengguna. Kami tidak menjamin keamanan database kami dan kami juga tidak menjamin bahwa data yang pengguna berikan sepenuhnya tidak akan tertahan/terganggu saat sedang dikirim kepada kami.

K. Pernyataan

Dengan menggunakan aplikasi INISA, pengguna mengakui bahwa pengguna telah membaca dan memahami Peraturan Data Pribadi ini dan menyetujui pengumpulan, penggunaan, pengolahan, penyimpanan, pengungkapan, dan penghapusan data pribadi sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.

L. Menjaga Keamanan Data Anda

INISA berkomitmen untuk melindungi data pribadi anda sebagai pengguna kami dimana kami berusaha mengimplementasikan langkah teknis sebaik mungkin, sesuai dengan standar industri atau peraturan perundang-undangan, untuk melindungi keamanan data pribadi anda. Namun, sebagai pengguna, anda harus memahami bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya aman. Oleh karena itu, sebagai pengguna, anda wajib menerapkan langkah-langkah untuk melindungi Akun INISA pengguna dengan menjaga penguasaaan nomor ponsel dan perangkat yang digunakan untuk mengakses aplikasi INISA, serta menggunakan serta merahasiakan kata sandi dan/atau kode PIN yang kuat dan unik untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.

M. Penyimpanan, Akses, Koreksi, Pembaharuan, dan Penghapusan Data Anda

1. INISA menyimpan data pribadi anda sebagai pengguna selama diperlukan untuk menyediakan layanan INISA dan untuk tujuan bisnis yang sah dan penting, diantaranya:

  • Dalam rangka mempertahankan kinerja dan kualitas layanan pada fitur-fitur INISA;
  • Dalam rangka membuat keputusan bisnis berdasarkan data yang anda berikan untuk pengembangan produk-produk dan kualitas pelayanan kami;
  • Dalam rangka menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan terkait akun anda, seperti chargeback, refund, ataupun sengketa lain, dimana kami akan menyimpan data pribadi anda sampai masalah tersebut terselesaikan;
  • Dalam rangka memenuhi kewajiban hukum, pajak, audit, dan akuntansi kami, kami akan menyimpan data pribadi yang diperlukan selama periode yang disyaratkan berdasarkan hukum yang berlaku; dan
  • Atau untuk tujuan lain seperti yang telah disebutkan diatas selama diperlukan untuk kepentingan bisnis kami yang sah, seperti untuk mencegah penipuan atau menjaga keamanan anda sebagai pengguna INISA.

2. Anda memiliki hak untuk meminta akses terhadap historis data pribadi yang pernah diserahkan kepada kami. Dalam hal demikian, kami akan menyediakan informasi tersebut dengan format yang kami tentukan, dengan memperhatikan kompatibilitas dan praktik yang wajar. Anda dapat menyampaikan permintaan akses tersebut melalui Help Center yang tersedia di aplikasi INISA, atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian N.

3. Anda memiliki hak melakukan koreksi atau memperbarui data pribadi yang pernah diserahkan kepada kami. Anda dapat melakukan koreksi atau pembaharuan tersebut melalui aplikasi INISA atau melalui Help Center yang tercantum di aplikasi INISA atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian N.

4. Anda memiliki hak untuk meminta penghapusan terhadap data pribadi yang pernah diserahkan kepada kami yang sudah tidak relevan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Anda dapat menyampaikan permintaan penghapusan tersebut melalui Help Center yang tercantum di aplikasi INISA atau informasi kontak yang disediakan pada Bagian N.

N. Informasi Lebih Lanjut

Apabila pengguna hendak mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan, silahkan menghubungi Customer Service INISA dibawah ini:

PT Digital Pemerintahan Indonesia (DPI)
Gedung Lot 18 Parc Place Tower A (SCBD) Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12190

Telepon : +622 1515 1468

Email : info@inisa.id